728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, July 23, 2015

    Hati-hati Belanja di Alfamart, Konsumen Curhat di Facebook

    Alfamart
    Pengalaman ini mungkin juga pernah anda alami saat berbelanja di sebuah minimarket. Saat petugas kasir menawarkan apakah anda bersedia uang kembalian anda agar didonasikan atau disumbangkan.

    Nah seorang facebooker bernama Janner E. Pasaribu, memposting pengalamannya saat berbelanja di sebuah minimarket. Ia merasa kena tipu saat petugas kasir menawarkan kepadanya, apakah ia bersedia uang kembaliannya.

    Saat itu, dirinya menjawab bersedia. Namun, pada saat ia meminta struk atau bukti transaksi ia kaget melihat uang kembalian yang ia donasikan tidak tercatat dalam struk pembelian.

    Anehnya, meski ia membayar menggunakan uang pecahan Rp 100 ribu, di dalam struk tertulis total item Rp 72.700, dan dibawahnya tertulis tunai Rp 72.700. Sehingga seolah-olah, pembeli yakni Janner E Pasaribu membayar dengan uang pas.

    Saat ia mencoba menanyakan keanehan itu, petugas kasir tidak bisa menjawab. Malah, petugas kasir mencoba menggembalikan uang kembaliannya yang sebelumnya akan ia donasikan sebesar RP 300 menjadi Rp 500.

    Selain memposting foto bukti struk pembelian di minimarket pada 21 Juli 2015, Janner juga menulis percakapan dia dengan petugas kasi. Berikut ini keluhan yang ditulis Janner di akun facebooknya.
    Kembali lagi terjadi penipuan kepada konsumen yg dilakukan oleh minimarket, baru saja terjadi kepada saya ketika berbelanja di Alfamart. Ini bukan masalah uang tetapi tentang kejujuran dan kepatutan. Menggunakan dalih donasi banyak konsumen ditipu. Bisa dilihat dri struk belanja yg aneh diinput oleh si kasir.

    Alfamart

    Berikut ini pembicaraan saya (S) dengan kasir (K).
    Setelah si kasir entry semua belanjaan saya,
    K: "total semua adlh rp 72.700".
    Lalu sy berikan 1 lembar uang rp 100.000.
    K: "apakah bapak mau rp 300 didonasikan?"
    S: "oke".
    Kemudian sy terima kembalian rp 27.000. Dan cek struk.
    S: "di mana tercantum rp 300 donasi sy?".
    K: "maaf pak sy salah".
    S: "tadi saya berikan uang rp 100.000, tapi tdk tercantum di struk sehingga uang kembaliannya rp 0?"
    K: "maaf pak saya sudah entry duluan di system jadi tdk muncul".
    S: "seharusnya semua masuk ke system apalagi ada donasi yg diambil dari konsumen, kalau tdk ada di system berarti kasir sdh memanipulasi".
    K: "kalau begitu saya kembalikan rp 500 ya pak?"
    S: "apakah mbak mau menyuap saya? Ini bukan masalah nilai uang tapi kejujuran kepada konsumen dan juga perusahaan alfamart."
    K: terdiam.

    Apakah PT Alfamart tahu tentang hal ini?
    Ataukah memang ada kesengajaan di system?
    Sudah berapa banyak uang konsumen yang diambil dengan dalih donasi?

    Tolong dishare agar konsumen bisa lebih berhati2.

    Postingan itu telah ia unggah di facebook pada 21 Juli 2015. Saat ini sudah ada sebanyak 456 orang yang telah membagikan ulang postingan yang ditulis Janner.

    Beberapa pengguna facebook yang lain pun ikut berkomentar setelah membaac postingan yang diunggah Janner.

    Misalnya pengguna facebook bernama Maria Keyho Tampubolon . Ia juga mengaku pernah dimintai donasi serupa saat berbelanja di minimarket.

    "Iya iban bener dimintai donasi..tp aku ga cek apa ada di struk dicantumkan donasi itu..next aku lakukan hal yg sama deh. Thx sdh sharing..ini penting." tulisnya. (Surya)


    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hati-hati Belanja di Alfamart, Konsumen Curhat di Facebook Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top