728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, August 31, 2015

    Ribuan Buruh Long March Akan dari Bundaran HI Menuju Istana Negara

    Aksi Buruh
    Provinsi DKI Jakarta menjadi pusat berbagai organisasi menggelar unjuk rasa, Selasa (1/9/2015). Sebanyak 48 ribu buruh menjadwalkan aksi mereka di Bundaran Hotel Indonesia.

    Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal, mengatakan setelah berkumpul di Bundaran HI, buruh akan melakukan long march ke sejumlah titik, seperti Istana Negara, Kantor Kementerian Kesehatan, dan Balai Kota DKI Jakarta.

    “Sebanyak 48 ribu buruh ikut. Selama ini, kami long march. Rencana tidak berubah, dari Bundaran HI ke Istana Negara, ke Kementerian Kesehatan, dan ke Kantor Gubernur DKI Jakarta. Kami mengangkat isu yang sama,” ujar Said, Senin (31/8/2015).

    Menurut dia, buruh akan melakukan aksi damai. Ini sesuai rekomendasi Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Tito Karnavian saat menggelar pertemuan dengan para buruh, Sabtu (29/8/2015).

    Aksi turun ke jalan tersebut berawal dari keprihatinan buruh melihat situasi ekonomi di Indonesia. Para buruh melihat nilai tukar mata uang rupiah terhadap mata uang asing terutama dolar Amerika Serikat melemah.

    Ini membuat ekonomi melemah dan daya beli masyarakat menurun. Apalagi, kata dia, buruh merasa terancam terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran apabila situasi ini tidak segera ditangani pemerintah.

    Oleh karena itu, menurut dia, pada aksi 1 September nanti para buruh menyampaikan 10 tuntutan kepada pemerintah. Tuntutan tersebut, yaitu menurunkan harga barang dan bahan bakar minyak (BBM), meminta pemerintah tidak memutus hubungan kerja buruh.

    “Menghentikan kemudahan tenaga kerja asing, mengembalikan daya beli, menaikkan upah minimum, sistem INA CBG’s, BPJS buruh lebih buruk turun, jaminan pensiun, tidak boleh ada diskriminasi pns atau buruh, dan meminta penegakan aturan keselamatan kerja,” tambah dia. (tribun)

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ribuan Buruh Long March Akan dari Bundaran HI Menuju Istana Negara Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top