728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, July 27, 2015

    Fuad Amin Beli Apartemen Mediterania Diatasnamakan Orang Lain

    Fuad Amin Imron

    Pegawai Agung Podomoro Group, Raden Palgunadi membenarkan adanya pembelian unit rumah susun di Apartemen Mediterania Garden Residences, Jakarta Barat. Kepemilikan unit rusun yang dibeli bekas Bupati Bangkalan Fuad Amin kemudian diatasnamakan orang lain termasuk istrinya, Siti Masnuri.

    Raden membenarkan, pemesanan unit rumah susun di Tower Gardena Lantai 03 Unit GA Apartemen Mediterania Garden Residences 2 atas nama Siti Masnuri. "(Pembelian) November 2005," ujarnya saat bersaksi untuk Fuad Amin dalam sidang lanjutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (27/7/2015).

    Menurut Raden, unit rusun yang dibeli tersebut harganya Rp 591 juta. "(Pembayaran) bertahap," sebutnya.

    Ada juga pembelian 1 unit rusun yang terletak di Tower Jasmine Lantai 21 Unit JE Apartemen Mediterania Garden Residences 2 dengan harga sebesar Rp 357,662 juta. Kepemilikannya menurut Raden yang saat itu bekerja sebagai legal Agung Podomoro Group, diatasnamakan Muhammad Husain.

    "(Pembelian) tanggal 9 November 2005," katanya.

    Selain itu, tercatat pula pembelian 1 unit rusun yang terletak di Tower Helliconia Lantai 31 Unit HM Apartemen Mediterania Garden Residences 2 seharga Rp 608,826 juga yang kepemilikannya juga diatasnamakan Muhammad Husain. "Betul, Muhammad Husain," ujar Raden membenarkan.

    Namun Raden tak tahu menahu transaksi pembayaran unit-unit rusun tersebut yang sudah dilunasi. "Ada yang disewakan," kata Raden menjelaskan kondisi unit rusun saat ini.

    Dalam dakwaan ketiga, Fuad Amin didakwa melakukan tindak pidana pencucian uang tahun 2003-2010, dengan cara menempatkan harta kekayaan di penyedia jasa keuangan dengan saldo akhir Rp 904,391 juta, membayar asuransi Rp 6,979 miliar.

    Kemudian membayar pembelian kendaraan bermotor Rp 2,214 miliar, membayar pembelian tanah dan bangunan Rp 42,425 miliar, yang diduga hasil tindak pidana korupsi berkaitan dengan tugas dan jabatannya selaku Bupati Bangkalan.

    Meski melakukan punya aset kekayaaan dengan nilai puluhan miliar, pendapatan resmi Fuad Amin selaku Bupati Bangkalan, menurut Jaksa pada KPK pada Maret 2003-September 2010 seluruhnya Rp 3,690 miliar.

    Selain pendapatan sebagai Bupati Bangkalan, Fuad Amin ditegaskan Jaksa KPK tidak memiliki penghasilan lain. (fdn/jor)

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Fuad Amin Beli Apartemen Mediterania Diatasnamakan Orang Lain Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top