728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, June 28, 2015

    Kuliner Sore Jelang Berbuka Puasa di Bandar Lampung

    Kuliner


    Saat Ramadan menjelang, ratusan lapak yang mendadak membanjiri jalanan Kota Bandar Lampung merupakan sebuah pemandangan lumrah yang ditemui saban sore. Namun bagi anda pecinta wisata kuliner dan penjelajah rasa, ada baiknya untuk berkunjung ke Pasar Ramadan Lapangan Merah Enggal, Bandar Lampung.

    Lokasi wisata kuliner ini menjadi pilihan tepat bagi anda yang bingung mencari takjil atau sekedar berbelanja menu berbuka puasa. Pasalnya, terdapat 156 lapak penjaja makanan dan minuman yang siap menyambut anda dengan aneka menu yang dijajakan. Anda butuh takjil berupa kue manis, kolak, sup buah atau makanan besar seperti pindang ikan, gulai, rendang atau masakan padang lainnya? Semua tersedia disini.


    Kuliner Lampung

    Wisata Kuliner Lapangan Merah Enggal sendiri bukan kali ini saja hadir di tengah masyarakat. Ia telah ada sejak tahun 2001 silam yang dipelopori oleh warga Jalan Flamboyan, Kelurahan Enggal Soeyitno. Menurut penuturan Soeyitno, ia menginisiasi lokasi wisata kuliner di Lapangan Merah Enggal sebagai solusi atas banyaknya pedagang yang dirazia Polisi Pamong Praja karena berjualan takjil di badan jalan.

    "Waktu itu sedih, wong kita mau jualan, nyari seribu dua ribu aja kok harus kena garuk Pol PP," kenang Soeyitno, koordinator pedagang Pasar Ramadan saat disambangi Tribun di kediamannya, Minggu (21/6/2015). "Saya jadi mikir, ya sudah lah, buka aja tenda di Lapangan Merah. Masa iya engga ada yang mau jualan, daripada di jalannanti kena garukan Pol PP lagi kan," jelas dia.

    Kini Pasar Ramadan Lapangan Merah telah 14 tahun eksis menempati lokasi yang pada hari biasa menjadi lapangan untuk berlatih softball dan baseball. Jumlah pedagang yang mulanya hanya bisa dihitung dengan jari, kini jumlahnya ratusan. Soeyitno mengatakan, ratusan pedagang tersebut merupakan warga sekitar lokasi seperti dari Enggal, Kampung Sawah, hingga Jagabaya.
    "Penjual di sana memang kita utamakan warga sekitar, daripada jualan mencar-mencar dan ganggu jalan kan. Mending gabung di paguyuban kita, dan nyewa lapak di Pasar Ramadan," terang Soeyitno yang mengenakan biaya sewa lapak selama satu bulan sebesar Rp 300.000.

    Sementara bagi warga, kehadiran Pasar Ramadan jelas amat membantu. Hanya dengan mengunjungi satu lokasi, pengunjung bisa mendapatkan aneka kebutuhan berbuka puasa mulai dari takjil hingga menu makan besar. Terlebih Pasar Ramadan berada di jantung Kota Bandar Lampung yang memudahkan warga untuk mengaksesnya bersama keluarga tercinta.

    "Lokasinya seru. Buat aku pribadi ngingetin suasana Lapangan Gazibu di Bandung, kalau sore kan tumpah ruah gini," terang Fransisca Utami warga Rawalaut yang berburu takjil berbuka puasa. "Yang dijual juga lumayan lengkap kok," imbuh dara berhijab ini.


    Lampung

    Apa yang dikatakan Sisca memang benar adanya. Sebab saat memasuki area Pasar Ramadan suasana hiruk pikuk langsung terasa. Pedagang dan pembeli bertransaksi dengan suasanya yang ramah. Inilah nilai lebih lainnya dari Pasar Ramadan yang membuat ratusan manusia rela menyemut mencari penganan kesukaan untuk disantap saat Maghrib menjelang.

    Oiya, untuk berburu makanan berbuka puasa, di Pasar Ramadan ini, pengelola memang mengonsep layaknya sebuah pasar. Antar lapak satu dan lapak berderet rapi saling berhadapan, hal ini membuat kita seolah berada di pasar dengan aneka sajian makanan siap santap yang dijajakan.
    Tidak ada lorong khusus untuk makanan berat, kue atau minuman. Semua bercampur di area seluas hampir satu kali lapangan bola. Jadi anda perlu bersabar dan teliti untuk menemukan makanan yang pas untuk dibeli.

    Sebagai gambaran di Pasar Ramadan ada beberapa makanan daerah yang bisa saja menjadi pilihan. Harganya pun relatif aman dikantong, karena harga termurah bisa anda dapatkan mulai dari Rp 500. Misalnya otak-otak, pempek goreng atau bakar, rujak tahu dan lenggang yang merupakan penganan asal Palembang. Ada juga makanan khas Jakarta yaitu Kerak Telor yang memiliki gerobak mencolok dengan tulisan Jakarta Fair 2015.

    Untuk makanan manis ada juga surabi aneka rasa asal Bandung, kue cubit, martabak, kolak pisang, es buah, hingga puding nan lezat. Sementara bagi anda yang enggan berurusan dengan dapur untuk memasak menu berbuka, sajian asli rumah makanan padang juga tersedia lengkap/ Rendang, gulai ikan, tunjang, teri balado, telur balado, ayam pop dan banyak lagi.

    "Untuk menu makanan berat ini ada kurang lebih 20an macam, dengan harga mulai dari Rp 5.000. Semua masakan asli ampera yang dijamin mantap saat disantap waktu berbuka," ungkap Sadam pemiliki rumah makan padang yang telah mengikuti Pasar Ramadan sejak edisi pertama tahun 2001.

    Bagi anda pelancong atau yang kali pertama berkunjung ke Bandar Lampung, Lapangan Merah Enggal dapat anda akses dengan menggunakan angkutan kota jurusan Tanjungkarang - Garuntang. Angkutan kota ini memiliki ciri khas warna hijau. Tarif yang perlu anda bayarkan yaitu Rp 3500 dan dapat berhenti di Pasar Seni Enggal dekat lokasi Pasar Ramadan berada. (tribunlampung)



    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kuliner Sore Jelang Berbuka Puasa di Bandar Lampung Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top