728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, May 31, 2015

    Setelah Tadi Malam Oprerasi Senyap, Pemerintah Akan Naikkan Harga BBM Per Tiga Bulan

    BBM

    Pemerintah akan memperpanjang rentang waktu penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM). Kini penaikan atau penurunan harga BBM akan dilakukan setidaknya tiga bulan sekali.

    Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said mengatakan penyesuaian harga BBM itu diupayakan berpatokan pada ambang batas harga tertinggi dan terendah minyak dunia, yang nantinya diatur dalam mekanisme penyesuaian harga yang baru.

    Tentang penyesuaian harga BBM nonsubsidi, kata Sudirman, akan diatur sepenuhnya oleh pihak badan usaha, baik BUMN maupun swasta. Sementara untuk BBM bersubsidi, pemerintah akan melakukan penyesuaian frekuensi batas harga hingga level yang bisa ditoleransi.

    Penerapan ambang batas harga BBM itu diatur sekaligus sebagai parameter acuan rencana dana stabilisasi BBM. Meski naik/turunnya harga BBM tetap berpatokan pada perubahan harga minyak dunia, nantinya pemerintah bakal mematok ambang batas penaikan dan penurunan harga BBM.

    "Dalam mekanisme penyesuaian ini, kami berusaha memperlebar frekuensi rentang perubahan harga sebelum penyesuai harga diterapkan. Mekanisme ini diterapkan sekaligus untuk mengatur penyesuaian dana stabilitas BBM," ujar Sudirman di Gedung Setjen ESDM, Jakarta, Ahad (31/5).

    Dalam ilustrasinya, Sudirman mengatakan pemerintah akan terlebih dahulu menetapkan harga BBM tertinggi dan terendah. Area antara tertinggi dan terendah disebut sebagai area stabilisasi.

    Apabila harga dasar lebih rendah dari harga terendah, maka selisihnya akan dijadikan sebagai pungutan BBM atau kontribusi yang ditabung oleh pemerintah.

    Demikian sebaliknya, ketika harga dasar lebih tinggi dari harga tertinggi yang sudah dipatok sebelumnya, maka pemerintah menarik PPN sebesar selisih yang terjadi.

    Apabila harga lebih tinggi lagi dari harga tertinggi plus PPN, maka PPN tak dikenakan dan diberikan subsidi yang diambil dari oil fund atau dana cadangan APBN.

    "Frekuensi inilah yang diperluas. Jadi setiap tiga bulan akan selalu ada perubahan harga. Bisa naik, bisa turun," kata Said.

    Sumber: CNN

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Setelah Tadi Malam Oprerasi Senyap, Pemerintah Akan Naikkan Harga BBM Per Tiga Bulan Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top