728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, May 31, 2015

    Semburan Lumpur Lapindo Diprediksi Hingga 20 - 27 Tahun Lagi



    Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) memperkirakan, fenomena semburan lumpur yang terjadi di wilayah Sidoarjo, Jawa Timur akan berlangsung dalam jangka waktu yang lama. Bahkan, tak sedikit dari geolog yang menaksir bahwa fenomena tersebut akan berlangsung hingga puluhan tahun.

    “Ini karena sampai sekarang kita belum mengetahui volume lumpur yang masih terendap di bawah tanah. Bahkan, analisa saya yang mengatakan semburan akan berhenti 20 sampai 27 tahun lagi itu bisa saja salah karena banyaknya kandungan lumpur dan gas di lokasi tersebut,” ujar Anggota Dewan Penasihat IAGI, Rovicky Dwi Putrohari ketika dihubungi CNN Indonesia, Jumat (29/5).

    Perkiraan mengenai lamanya semburan lumpur, kata Rovicky, didapat sewaktu dirinya melakukan penelitian di lokasi semburan yang merupakan Wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi dari Lapindo Brantas Inc di media 2007.

    Saat itu, mantan Ketua IAGI ini sempat melakukan perbandingan antara jenis dan volume lumpur yang keluar dari pusat semburan, dengan sumur buatan yang berada di dekat sumur utama, Banjar Panji-I. Pada momen tersebut, Rovicky menemukan bahwa di sumur buatan yang diberi nama Porong 1 itu terdapat endapan lumpur masa lampau (purba) yang juga penah keluar beberapa waktu lalu.

    Dengan mengalkulasi jarak, kedalaman endapan hingga banyaknya lumpur yang keluar saat itu, ia pun memprediksi lumpur Lapindo baru akan berhenti 20 sampai 27 tahun lagi.

    “Tapi ini baru perkiraan awal, masih harus ada penelitian dan riset lebih lanjut untuk mengetahui lamanya semburan. Tapi saya tidak yakin kalau semburan lumpur Lapindo bisa berhenti dalam waktu dekat,” katanya.

    Sebagai pengingat, fenomena luapan lumpur yang menelan kerugian mencapai Rp 32,9 triliun itu bermula ketika PT Medici Citra Nusantara, perusahaan kontraktor yang ditunjuk Lapindo Brantas Inc melakukan pengeboran tanah dengan kedalaman 9.297 meter.

    Lantaran tidak melalui skema yang menjadi standar, dua hari pasca pengeboran atau 29 Mei 2006 terjadi semburan lumpur di beberapa titik yang berjarak 150 dari lokasi pengeboran sumur utama.

    Untuk meminimalisir dampak semburan, Badan Pengatur Kegiatan Hulur Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) pun membentuk Tim guna melaksanakan skenario penghentian semburan lumpur. Sayang, meski telah melakukan beberapa skenario mulai dari penggunaan sistem snubbing unit, sidetracking, hingga teknik relief well semburan lumpur juga tidak dapat dihentikan hingga kini.

    "Saya pikir semburan lumpur akan berhenti jika kandungan lumpur di cekungan bawah tanahnya habis. Dan benar saja, setelah dilakukan beberapa skenario penghentian semburan juga tidak berhenti," cetus Rovicky.

    CNN

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Semburan Lumpur Lapindo Diprediksi Hingga 20 - 27 Tahun Lagi Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top