728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, May 30, 2015

    Paracetamol Mengganggu Perkembangan Janin Laki-Laki

    Ibu Hamil bahaya menkonsumsi Paracetamol
    BAGI sebagian besar ibu hamil, mengonsumsi paracetamol menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan untuk menghilangkan rasa nyeri.
    Namun, studi terbaru mengemukakan bahwa paracetamol ternyata dapat berdampak berbahay terhadap perkembangan janin bayi laki-laki.
    Menurut studi yang dijalankan University of Edinburgh, Skotlandia, mengonsumsi paracetamol selama lebih dari satu minggu dapat menurunkan tingkat testosteron pada janin bayi laki-laki.
    Ini dibuktikan melalui penelitian yang dihalankan terhadap sekelompok tikus. Tikus yang sudah dilengkapi dengan jaringan testis manusia dan hormon yang menirukan proses kehamilan, diberikan dosis standar paracetamol setiap hari selama seminggu.
    Setelah satu hari berlalu, belum tampak perubahan tingkat testosteron. Namun setelah seminggu, jumlah hormon yang diproduksi oleh jaringan tubuh yang dipasangkan ke tikus tersebut, diketahui menurun drastis hingga 45 persen.
    "Paracetamol merupakan pereda nyeri yang sangat efektif dan juga aktif menurunkan suhu tubuh," jelas Dr Rod Mitchell.
    Sebanyak 65 persen wanita diketahui pernah mengonsumsi paracetamol selama masa kehamilan.
    "Kami tak ingin wanita hamil menderita hal-hal tersebut, namun kami harus mengenali bahwa dalam beberapa situasi paracetamol dikonsumsi tanpa dipikirkan dua kali, sementara ada kemungkinan efek samping," lanjutnya.
    Peneliti menyatakan bahwa pengonsumsian paracetamol untuk sehari masih diperbolehkan dan tidak akan menimbulkan masalah serius.
    Namun, jika memang merasa perlu mengonsumsi paracetamol dalam dosis lebih dari jumlah yang disarankan, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter.
    (tika/gur)
    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Paracetamol Mengganggu Perkembangan Janin Laki-Laki Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top