728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, May 22, 2015

    Ini Dia Hasil Jokowi Selama Jadi Gubernur DKI

    Trans Jakarta Terbakar lagi
    Trans Jakarta Terbakar lagi

    Informasi dari Twitter Traffic Management Center Polda Metro Jaya, api mulai melahap bus sejak pukul 05.00 WIB dan masih terus dijinakkan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur.

    Bus yang diparkir di pinggir jalan itu mengakibatkan anteran kendaraan yang tidak biasanya. Lalu lintas di Jalan Jatinegara Barat, Kampung Melayu arah Matraman dilaporkan tersendat.

    Belum diketahui penyebab kebakaran bus tersebut, dan belum ada kepastian apakah ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

    Bus Transjakarta kembali terbakar didekat Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur Kamis (21/5/2015) pagi. Atas kejadian tersebut, Ahok mengakui hal ini merupakan kegagalan Pemprov DKI dalam melakukan pembelian kendaraan moda transportasi warga Ibu Kota.

    "Ini kegagalan kita waktu ngadain bus,” ungkapnya.

    Ahok juga menuding adanya oknum yang bermain dalam proyek pengadaan bus tersebut. “Saya udah bilang waktu ngadain bus tahun 2013 beli bus yang kelas dunia, tapi mereka mainkan. Makanya, mereka yang selalu menang itu (merek Zhong Thong)," ujarnya.

    Ahok mangatakan, kala itu dirinya telah merekomendasikan beberapa merek bus yang telah teruji dan memiliki kelas dunia, namun dirinya mengaku heran lantaran PT Transjakarta tidak membeli bus sesuai apa yang telah direkomendasinya.

    "Dulu mau gak merek Hino, atau Daewoo yang busnya bagus? Tapi tidak mau. Setiap kali lelang mereka pasti kalah. Nah, sekarang tidak karena kita udah bikin poin yang bagus dan baru selesai lelang dan yang menang merek Scania," katanya.

    Mantan Bupati Belitung Timur ini menjelaskan, Akibat peristiwa tersebut, Pemkot DKI berjanji tidak akan lagi membeli bus bermerek Zhong Thong pabrikan negeri tirai bambu tersebut. Namun, akan membeli bus yang lebih berkualitas untuk menunjang fasilitas umum yang layak.

    "Kita akan beli bus baru terus, jadi bus kita ini sebenarnya tidak bisa dipakai lagi," ujarnya.

    Ahok menuturkan, Pemprov DKI menargetkan moda transportasi di Ibu Kota layak jalan pada Juni 2015. "Jadi Juni ini sudah mulai datang, mulai dikirim, kita mau nggak mau juga bantu produk lokal. Mereka seperti Scania cuma mampu produksi 25 hingga 30 unit perbulan. Merk Hino mungkin bisa produksi 1000 bus perbulan tapi solar, dulu mereka gak pernah berani bikin yang gas karena yang mau belinya cuma DKI tapi tiap kali lelang mereka pasti kalah. Sekarang saya jamin kalau sudah masuk di LKPP akan saya beli terus," jelasnya.

    Ahok menambahkan, bus yang akan dibeli termasuk bus berbahan bakar solar, hal ini untuk menunjang operasional bus transjakarta yang akan beroperasi selama 24 jam.

    "Tahun ini, saya mau solarpun saya kasih. Kalau bus gasnya cukup solar juga dapat beroperasi malam hari, kan polusinya nggak terlalu. Nah, kita target sampai 2016 akhir, jalur utama sudah beroperasi 24 jam, kita ingin warga Jakarta 24 jam dan bus yang masuk jalur utama yang sudah terintegrasi di jalur Transjakarta dengan tarif per rupiah perkilometernya," pungkasnya.


    Sumber: Media

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ini Dia Hasil Jokowi Selama Jadi Gubernur DKI Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top