728x90 AdSpace

  • Latest News

    Monday, September 28, 2015

    Menlu Saudi: Iran Jangan Politisir Insiden Mina

    Iran Politisir Insiden Mina
    Arab Saudi secara tegas menolak kritik yang dilayangkan Iran atas penanganan ibadah haji menyusul insiden Mina.

    "Saya percaya Iran harus lebih baik dalam memainkan politiknya atas tragedi yang menimpa orang-orang yang sedang menjalankan tugas paling suci di agama mereka," kata Menteri Luar Negeri Arab Saudi. Adel Al-Jubeir, seperti dilansir Arab News.

    Jubeir menyampaikan hal itu usai menggelar pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry. Ia menekankan Arab Saudi telah menangani situasi yang terjadi.

    Menlu berpendapat Arab Saudi memiliki sejarah panjang dalam mengoptimalkan sumber daya untuk menangani jamaah haji dan memastikan mereka yang datang berhasil menunaikan ibadah.

    Terkait penyelidikan, Jubeir meyakinkan kalau laporan akan terus diberikan dan tidak akan ada fakta yang disembunyikan. Kalaupun ada kesalahan, kata Jubeir, Arab Saudi akan mempertanggung jawabkan kesalahan tersebut.

    Setelah insiden yang terjadi, Jubeir juga memastikan mereka akan mengambil pelajaran atas apa yang terjadi dan memastikan insiden serupa tidak terjadi di lain waktu.

    Namun, ia mengingatkan kalau situasi ini bukanlah keadaan yang dapat digunakan untuk bermain politik.
    "Saya berharap para pemimpin Iran akan lebih masuk akal dan lebih bijaksana, berkaitan dengan orang-orang yang tewas dalam tragedi ini, serta menunggu sampai kami melihat hasil dari penyelidikan," ujar Jubeir. Lebih dari 700 jamaah haji tewas dalam insiden Mina, termasuk warga Iran. (ROL)

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Menlu Saudi: Iran Jangan Politisir Insiden Mina Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top