728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, August 22, 2015

    Remaja Muslimah Ini Temukan Formula Ubah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar

    Azza Faiad
    Seorang gadis remaja dari Mesir telah menemukan cara murah untuk mengubah sampah botol plastik menjadi bahan bakar, yang bisa bernilai puluhan juta dolar Amerika Serikat setahun. Namanya Azza Faiad.

    Ide gadis berhijab itu menarik perhatian Mesir Petroleum Research Institute. Lembaga itu pun memberikan akses ke laboratorium peneliti kepada Azza Faiad untuk membantu mengolah sampah plastik itu menjadi formula bahan bakar.

    Azza Faiad menemukan katalis murah dan berlimpah yang disebut aluminisilicate, yang secara drastis mengurangi biaya konversi sampah plastik menjadi gas seperti metana dan propana, yang dapat diubah menjadi etanol, yang oleh beberapa ilmuwan disebut dengan istilah “biofuel”. Karena, bahan kimia organik dari polimer plastik yang ia ekstrak sama dengan bahan kimia yang diekstraksi dari tumbuhan untuk membuat etanol biofuel.

    Proses itu juga melepaskan zat kimia lain yang juga dapat didaur ulang dan dijual.

    Mesir menghasilkan satu juta ton sampah plastik setiap tahun dan diperkirakan proses yang ditemukan Azza Faiad bisa mengonversi banyak sampah menjadi bahan bakar senilai US$ 78.000.000 setiap tahun. Bahkan, Azza Faiad meyakini, temuannya tersebut dapat menjadikan sampah plastik di Mesir bernilai US$ 163.000.000 setiap tahun.



    The European Union Contest for Young Scientists telah memberi penghargaan kepada Azza Faiad. Gadis remaja muslimah ini sekarang tengah mengurus paten atas temuannya tersebut. (CNN/Pur)

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Remaja Muslimah Ini Temukan Formula Ubah Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top