728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, August 20, 2015

    Ratusan Lembaga Non Kementerian Akan Dibubarkan

    Luhut Binsar Pandjaitan
    Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan tak mempungkiri rencana pemerintah membubarkan sekitar 100 lembaga non-kementerian. Ia mengungkap, pemerintahan saat ini sebelumnya sudah membubarkan 10 lembaga.

    "Iya betul. Banyak itu lembaga-lembaga ada 100 berapa itu. Mungkin ada yang mau dilebur yang nggak jelas kerjanya itu," ujar Luhut di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (20/8/2015).

    Dijelaskan Kesepuluh lembaga yang sudah dibubarkan antara lain, Dewan Penerbangan dan Antariksa Nasional, Lembaga Koordinasi dan Pengendalian Peningkatan Kesejahteraan Sosial Penyandang Cacat, Dewan Buku Nasional, Komisi Hukum Nasional.

    Presiden Jokowi juga telah membubarkan Badan Kebijaksanaan dan Pengendalian Pembangunan Perumahan dan Permukiman Nasional, Komite Antar Departemen Bidang Kehutanan,

    Kemudian, Badan Pengembangan Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu, Komite Aksi Nasional Penghapusan Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk Untuk Anak, Dewan Pengembangan Kawasan Timur Indonesia, dan Dewan Gula Indonesia.

    Menurut Luhut, meski banyak lembaga akan dibubarkan pemerintah, tetapi fungsi yang dijalankan lembaga-lembaga itu akan tetap dilakukan. Pemerintah akan memberikan fungsi lembaga-lembaga itu kepada lembaga atau kementerian yang ada.

    "Organisasi daripada berdiri sendiri, cost-nya tinggi jadi dicantolkan ke lembaga atau kementerian saja. Yang nggak jelas fungsinya akan dilebur supaya jangan terlalu banyak," kata Luhut.

    Saat ditanyakan apakah dari 100 lembaga non-kementerian yang akan dibubarkan, Kantor Staf Kepresidenan termasuk di dalamnya, Luhut menegaskan bahwa kantor itu masih tetap ada.

    "Sampai sekarang masih ada, ya. Siapa yang bilang (dilebur)?" kata pria yang juga menjabat Kepala Staf Kepresidenan itu. (tribun)


    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ratusan Lembaga Non Kementerian Akan Dibubarkan Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top