728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, August 18, 2015

    Korban Tewas Akibat Bom di Bangkok menjadi 27 Orang

    Bom Bangkok
    Korban tewas bom yang meledak dekat satu kuil Hindu di Bangkok, ibukota Thailand bertambah jadi 27 orang tewas dan belasan lainnya terluka. Sebelumnya dilaporkan 16 tewas kebanyakan turis asing asal Tiongkok.

    Mayor Jenderal Weerachon Sukhontapatipak, juru bicara pemerintah Thailand, mengatakan kepada CNN terdapat warga asing yang menjadi korban. Namun Sukhontapatipak tidak memberikan penjelasan lebih lanjut tentang identitas warga asing tersebut.

    Polisi memasang garis polisi di sekitar lokasi kejadian karena ditemukan ada satu bom yang masih aktif. Polisi masih berusaha menjinakkan bom di dekat Kuil Erawan.

    Tim gegana masih berusaha menjinakkan bom sementara petugas lain dengan menggunakan loudspeaker meminta warga yang berada di dekat lokasi untuk menjaga jarak karena situasi masih belum dinyatakan aman.

    Pihak berwajib belum mau memberikan informasi sementara tapi di lokasi terlihat sedikitnya ada lima ambulans berjaga-jaga.

    Steve Herman, saksi mengatakan dia mendengar suara dentuman yang awalnya dikira suara petir. Namun saat mengetahui telah terjadi ledakan, dia menuju ke lokasi. Di dalam kuil, saksi melihat sedikitnya ada enam jenazah dan satu jenazah berada di luar kuil.

    Reporter dari The New York Times, Thomas Fuller, mengatakan jenazah korban bergelimpangan di sekitar area. Menurutnya, ada beberapa ratus petugas militer dan polisi yang menyisir area sekitar lokasi untuk mencari bom lain. Beberapa petugas dibantu dengan anjing pelacak.

    Major Jenderal Sriwara Ransibrahmanakul mengatakan, keamanan di seluruh kota Bangkok telah ditingkatkan. Saat ditanya berapa jumlah personel yang diturunkan, dia hanya menjawab, “Sebanyak yang kita punya.”

    Kepala kepolisian nasional, Jendetal Somyot Pumpunmuang, mengatakan kepada Reuters bahwa ledakan berasal dari bom yang dipasang pada satu sepeda motor. Polisi masih belum bisa memastikan apakah bom tersebut mengincar target tertentu.

    Koran nasional, The Bangkok Post melaporkan bom meledak sesaat setelah pukul 19:00 waktu setempat. Bom lain ditemukan diikat di satu tiang dekat kuil dan tim gegana berusaha menjinakkannya sekitar 50 menit pasca ledakan pertama.

    Ledakan yang menghancurkan beberapa sepeda motor tidak menimbulkan kepanikan. Banyak warga yang berkumpul di sekitar lokasi untuk menonton kesibukan petugas. Bahkan pengunjung di restoran cepat saji di dekat lokasi masih menikmati makanannya seakan tidak menyadari ada ledakan yang mengguncang kota.

    Walaupun belum ada kesibukan sekolah, namun ledakan yang terjadi di perempatan yang ramai dikunjungi wisatawan membuat banyak pihak cemas dengan tingginya jumlah korban.

    Di sekitar lokasi terdapat banyak hotel dan juga tempat perbelanjaan. Bahkan mal Central World yang ada di dekat lokasi merupakan salah satu mal terbesar di dunia. Jalur kereta mrt melintas hampir di atas lokasi ledakan.

    Walaupun Buddisme merupakan agama dominan, di Bangkok terdapat banyak kuil Hindu. Kuil Erawan salah satu kuil Hindu yang terkenal di sana.(cnn/daus)

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Korban Tewas Akibat Bom di Bangkok menjadi 27 Orang Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top