728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, August 19, 2015

    Battle of Surabaya: Film Animasi Karya Anak Bangsa Segera Diluncurkan

    Animasi
    PEKIKAN takbir Bung Tomo “Allahu Akbar” menjadi penyemangat generasi muda untuk melawan penjajah Inggris yang ketika itu menyerang Kota Surabaya dengan pesawat tempur secara membabi buta. There is no glory in war! Tak ada yang menang dalam Peperangan. Pesan inilah yang disampaikan dalam film animasi “Battle of War” yang baru saja diluncurkan, Selasa (18/8) sore di XXI Episentrum – Kuningan, Jakarta.

    Setelah tiga tahun produksinya, akhirnya MSV Pictures meluncurkan film perdana mereka berjudul “Battle of Surabaya”. Film ini merupakan film animasi 2D dengan tema sejarah bangsa Indonesia yang akan tayang di bioskop Tanah Air mulai 20 Agustus 2015 mendatang.

    Dalam masa penggarapannya, film yang di sutradarai oleh Aryanto Yuniawan ini telah meraih berbagai penghargaan, diantaranya: People’s Choice Award IMTF (International Movie Trailer Festival) 2014, Digital Animation INAICTA (Indonesia Information and Communication Tecnology Award) 2012, dan Nominee Best Foreign Animation Award 15th Annual Golden Trailer Award 2014.

    Prestasi lainnya adalah, “Battle of Surabaya” menjadi film pertama yang dilirik oleh production houseinternational sekelas Walt Disney Pictures. Menurut penuturan Aryanto, sang sutradara, nantinya dilm “Battle of Surabaya” didukung dari segi teknis dan mendapat bantuan distribusi film di seluruh jaringan Disney di dunia. Opsi tersebut yang akhirnya dipilih oleh MSV Pictiures sebagai bentuk kerjasama dengan Disney.

    “Jadi, awalnya Disney ikut memberi masukan, saran, dan kemudian menawarkan tiga pilihan. Pertama, film ini akan dibeli putus oleh Disney, artinya film ini akan menjadi milik Disney. Opsi kedua, Disney siap mendistribusikan film ini atas nama mereka, jadi akan ada label Disney nantinya. Dan ketiga, Disney akan support dalam hal teknis untuk membuat film yang bagus, juga mereka akan memperluas jaringan untuk film ini ke jaringan-jaringan Disney di seluruh dunia,” jelas Ary.

    Film “Battle of Surabaya” diadaptasi dari peristiwa 10 November 1945. Musa, seorang remaja penyemir sepatu membawa misi sebagai kurir surat-surat rahasia untuk para tentara dan milisi pejuang Indonesia. Selain surat rahasia, Musa juga mengantar surat-surat pribadi para pejuang untuk keluarganya. Bersama sahabatnya, Yumna dan Danu, Musa mengalami petualangan hebat, hingga banyak kehilangan orang-orang yang dicintainya.

    Ada sejumlah arti papan atas yang menjadi pengisi suara untuk para tokoh di film “Battle of Surabaya”, di antaranya adalah Reza Rahardian, Maudy Ayunda, Ian Saybani, Jason Williams, Tanaka Hidetoshi, Alejandro Estaban, Sana Hamada, dan Vanhoebrouuk Patrick Bernard.

    “Film animasi ini sangat edukatif, inspiratif, kreatif, menghibur, kocak, seru dan menegangkan. Sayang, dalam saahsatu adegannya ada yang sedikit lebat, yakni saat Musa, remaja itu mengintip Yumna sedang mandi di kali, meski Musa menjadi tahu ada tato di punggung Yumna, apakah sahabatnya itu ada dipihak kawan atau lawan? Film ini secara umum bagus,” kata Ahmad, salah seorang pelajar SMK yang ikut menonton kemarin.(Desastian/Islampos).

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Battle of Surabaya: Film Animasi Karya Anak Bangsa Segera Diluncurkan Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top