728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, July 29, 2015

    Presiden Indonesia Joko Widodo SALAH Bicara Tentang SINGAPORE

    jokowi

    Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Singapura. Jokowi melakukan pertemuan bisnis untuk mengundang sebanyak-banyaknya investor dari Singapura untuk menanamkan uangnya ke Indonesia.

    “Kita tahu Singapura investor terbesar di Indonesia, nomor 1. Dan kita harapkan ke depan makin banyak lagi investor dari Singapura yang melakukan investasi di Indonesia,” kata Jokowi dalam kunjungan kenegaraannya ke Singapura, Selasa (28/7/2015).

    Pernyataan Jokowi itu tentu saja berbeda dengan data yang baru saja dirilis Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Dalam rilisnya pada Senin (27/7/2015), BKPM menyebut Malaysia sebagai investor terbesar yang menanamkan modal di Indonesia sepanjang semester pertama 2015. Investor Malaysia menggelontorkan 2,6 miliar dolar AS atau sekitar 18,6 persen dari total penanaman modal asing di Indonesia.

    “Investasi Malaysia memang mengalami peningkatan melalui sektor telekomunikasi, di mana salah satu investornya yaitu XL Axiata itu mengalami tren pergeseran teknologi dari 3G ke 4G, peralatannya berubah,” kata Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal BKPM Azhar Lubis dalam paparan di Jakarta, Senin (27/7/2015).

    Menurut dia, investasi Malaysia semakin bervariasi dari waktu ke waktu. Negeri jiran itu awalnya hanya menanamkan modalnya di sektor perkebunan, tetapi sekarang sudah masuk ke industri logam.

    Berdasarkan data BKPM, lima negara dengan investasi terbesar di Indonesia sepanjang semester I 2015 adalah Malaysia dengan 2,6 miliar dolar AS, Singapura sebesar 2,3 miliar dolar AS, Jepang sebesar 1,6 miliar dolar AS, Korea Selatan dengan 0,8 miliar dolar AS dan Amerika Serikat sebesar 0,6 miliar dolar AS. Sementara itu lima negara yang paling banyak menanamkan modal di Indonesia pada triwulan II 2015 adalah Malaysia (2,3 miliar dolar AS), Singapura (1,1 miliar dolar AS), Jepang (0,4 miliar dolar AS), Amerika Serikat (0,3 miliar dolar AS) serta British Virgin Islands (0,2 miliar dolar AS).

    Kepala BKPM Franky Sibarani mengakui ada beberapa kejutan dalam realisasi investasi di paruh pertama 2015 ini. Salah satu kejutan adalah naiknya Malaysia secara mengejutkan melesak ke posisi teratas investasi terbesar. (cj)

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Presiden Indonesia Joko Widodo SALAH Bicara Tentang SINGAPORE Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top