728x90 AdSpace

  • Latest News

    Wednesday, July 22, 2015

    Pintu Gereja di Bantul dibakar oleh Orang tak Dikenal

    Pintu Gereja

    GBI (Gereja Baptis Indonesia) Saman terletak di jalan Dirgantara, Bangunharjo, Sewon, Bantul dibakar orang tak dikenal, Senin (20/7) dini hari. Beruntung api tidak sempat menjalar lebih luas dan hanya merusak pintu, plafon, dan eternit gereja.

    Menurut salah seorang warga tinggal di sebelah Gereja, Ratno, pembakaran tersebut terjadi sekitar pukul 02.45 WIB. Menurut cerita, ada tiga orang menggunakan dua sepeda motor melakukan pembakaran dengan menggunakan ban dan bensin.

    "Saya waktu itu di pasar, baru berangkat ditelepon anak saya, gereja dibakar orang. Setelah itu saya pulang, warga sudah memadamkan api," kata Ratno saat ditemui merdeka.com, Selasa (21/7).

    Setelah berhasil dipadamkan, warga mendapati ada ban bekas digantung di pintu gereja yang digunakan untuk membakar. "Ada ban yang dipakai buat bakar, kemudian itu dibawa polisi," tambah Ratno.

    Sementara itu pendeta GBI Saman, Joni Teguh Haryadi, mengatakan sebelum terjadi pembakaran menyebut ada perwakilan organisasi massa mendatangi gereja itu dua kali. Pertama kali ormas itu datang pada 5 Juli 2015.

    "Ada ormas yang datang, mereka menendang pintu gereja. Mereka menuduh kami akan membangun gereja terbesar di Bantul, padahal tidak," kata Ratno.

    Padahal, lanjut dia, pihak gereja sama sekali tidak membikin bangunan baru, melainkan hanya melengkapi izin IMB gereja. "Ada kabar di dunia maya, katanya kami akan membangun gereja terbesar di Bantul dan sekarang sedang mengurus IMB. Padahal bangunan gereja sudah ada sejak tahun 1992," ujar Ratno.

    Dalam lawatan kedua pada 14 Juli 2015, ormas mengatasnamakan FJI (Front Jihad Islam) kembali mendatangi GBI Saman. Namun massa berhasil dihalau polisi sehingga tidak bisa mendekati ke area gereja.

    "Kami sudah menjelaskan kalau kami tidak membangun gereja, tapi informasi itu sepertinya tidak bisa dipahami. Setelah dua kali itu, tanggal 20 Juli ada pembakaran ini," ucap Ratno.

    Sementara itu saat ini pihak kepolisian berjaga di sekitar gereja. Kapolres Bantul AKBP Dadiyo saat dikonfirmasi belum memberikan jawaban terkait kasus tersebut. (merdeka)


    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pintu Gereja di Bantul dibakar oleh Orang tak Dikenal Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top