728x90 AdSpace

  • Latest News

    Thursday, July 30, 2015

    Nikmatnya Kemplang, Krupuk Bakar Khas Lampung

    Kemplang

    Pasti sebagian kita familiar dengan jajanan berupa kerupuk. Setiap daerah memiliki kerupuk khas masing-masing yang sudah sejak lama menjadi ciri di wilayahnya. Utamanya daerah tujuan wisata seperti Palembang, Kebumen atau Banyumas, Solo, Yogyakarta dll.

    Kemplang adalah nama yang tidak asing di deretan jajanan Lampung. Makanan khas ini akan anda temui di sepanjang jalur lintas Sumatera dimulai dari Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni hingga kota Bandar Lampung serta menyusuri kota-kota di wilayah Sumatera bagian selatan lainnya.

    Kemplang Lampung memiliki persamaan dengan kerupuk Palembang karena dibuat dengan campuran ikan. Namun perbedaannya, Kemplang Lampung dipanggang. Cara pembuatannya yang dipanggang sehingga otomatis tanpa minyak, membuat kemplang cocok untuk mereka yang sedang diet minyak.

    Mengenai rasanya, karena terbuat dari campuran ikan, maka tidak jauh berbeda dengan rasa kerupuk ikan Palembang. Gurihnya ikan dicampur dengan sambal khusus yang biasanya disertakan dalam plastik bungkusan kemplang membuat kemplang memiliki cita rasanya sendiri.

    Kemplang juga unik dengan teksturnya yang agak keras (karena dipanggang) bila dibandingkan dengan renyah dan empuknya kerupuk ikan khas Palembang. Namun, disitulah seni dan faktor ketagihan dari kemplang.

    Di Bandar Lampung, ibukota Provinsi Lampung, kerupuk yang satu ini bisa didapatkan mulai dari warung kecil sampai toko swalayan. (opini-indonesia)

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Nikmatnya Kemplang, Krupuk Bakar Khas Lampung Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top