728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, July 28, 2015

    KPI: Tayangan ‘Gang Senggol’ di MNCTV Langgar P3SPS dan Singgung Umat Islam

    Gang Senggol

    KOMISI Penyiaran Indonesia (KPI) menilai program rohani Kristiani Gang Senggol Show yang disiarkan oleh MNCTV pada tanggal 18 Juli 2015 lalu telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) dan telah meresahkan masyarakat Muslim di Indonesia.

    Komisioner KPI Pusat koordinator bidang pengawasan isi siaran, Agatha Lily mengakui bahwa KPI menerima kurang lebih 200 pengaduan masyarakat yang mengeluhkan acara Gang Senggol Show MNCTV dengan tema “Takut Mati” yang ditayangkan pada hari kedua lebaran Idul Fitri tersebut.

    “Berdasarkan hasil pemantauan dan kajian yang kami lakukan program rohani Kristiani itu banyak menggunakan atribut Muslim sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan ketersinggungan Umat Islam di Indonesia,” jelas Agatha Lily kepada Islampos.com,Selasa sore (28/7/2015).

    “Disamping itu program itu berpotensi menyesatkan dan membingungkan masyarakat yang menonton terlebih tayang di moment Idul Fitri di mana umat Muslim sedang merayakan hari kemenangan,” lanjut komisioner KPI termuda ini.

    KPI sendiri memandang program rohani Kristiani Gang Senggol Show dengan tema “Takut Mati” telah melanggar Pedoman Perilaku
    Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) pasal 6 dan 9 yakni melanggar penghormatan nilai-nilai agama dan norma kesopanan.

    Menurut perempuan yang akrab disapa Lily ini, Segala hal yang terkait tayangan keagamaan wajib dihormati dan disajikan secara
    hati-hati agar tidak menimbulkan ketersinggungan pihak-pihak tertentu.

    “Pada tanggal 27 Juli kemarin kami telah menggelar rapat pleno terkait tayangan Gang Senggol Show dan pada hari ini Selasa 28 Juli
    pada pukul 14, kami telah menjatuhkan sanksi teguran keras Kepada MNCTV agar mereka segera melakukan evaluasi internal dan tidak mengulangi kesalahan yang sama,” ujar Lily.

    Pihak MNCTV sendiri menurut Lily menerima sanksi tersebut dan berjanji akan segera melakukan perbaikan. “Kami pun minta MNCTV membuat permintaan maaf kepada seluruh Umat Muslim di Indonesia atas program Gang Senggol Show yang telah menimbulkan ketersinggungan,” pungkas Lily.[fq/islampos]

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KPI: Tayangan ‘Gang Senggol’ di MNCTV Langgar P3SPS dan Singgung Umat Islam Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top