728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, July 7, 2015

    Akankah Indonesia Akan Bernasib sama seperti Timor Leste

    Hegemoni China

    Semua berawal dari Beijing yang telah memberikan jutaan dolar AS untuk membangun istana kepresiden baru, kantor kementerian luar negeri, dan markas besar militer Timor Leste.

    Ketiga bangunan itu adalah struktur bangunan baru yang paling impresif di Dili, dan membuat Australia berkerut keningnya, apalagi negeri satu ini menganggap Timor Leste ada dalam jangkauan pengaruhnya.

    Bagian yang paling disorot media Australia adalah pembelian kapal patroli kelas Shanghai buatan 1960an oleh Timor Leste seharga 25 juta dolar AS, yang dikhawatirkan Australia sebagai meningkatnya kerjasama militer Beijing dan Dili.

    Presiden Timor Leste ini menambahkan bahwa kalau mau Chinalah yang untung, setelah Timor Leste memberinya kontrak perdagangan besar dengan satu perusahaan China untuk membangun sebuah pembangkit listrik di luar kota Dili.

    “Ini proyek senilai 400 juta dolar yang dibiayai secara eksklusif oleh kami, sehingga bantuan apapun yang diberikan China dalam 10 tahun terakhir Anda bisa lipatkan 10 kali dari itu tidak akan pernah mencapai perjanjian bisnis yang telah kami tandangani dengan mereka,” demikian Ramos Horta.

    Dari kisah awal itulah kini semua di Timor Leste sangat mudah menemui hegemoni China

    China kini telah masuk kesemua sektor di Timor Leste, di beri pintu masuk maka langsung dimanfaatkan langsung oleh China

    Dari awalnya alasan investasi serta pembangunan infrastruktur diserahkan ke China, kini Timor Leste dikuasai China seutuhnya (ndi/dw/fahreenheat)

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Akankah Indonesia Akan Bernasib sama seperti Timor Leste Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top