728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, June 16, 2015

    Pemerintah Putuskan Ramadhan Jatuh Pada Kamis 18 Juni 2015

    Sidang Itsbat

    Setelah dilaksanakan sidang itsbat yang dilaksanakan di Kementerian Agama, Selasa (16/6/2015) akhirnya diputuskan awal ramadhan jatuh pada Kamis, 18 Juni 2015.

    Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan sidang itsbat dilaksanakan setelah salat Maghrib sekitar pukul 18.20 WIB diawali dengan mendengarkan paparan Pakar astronomi dari Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama Cecep Nuwendaya.

    "Dalam paparan dijelaskan bila posisi hilal saat ini, tidak hanya melihat dari tanah air saja, tepi posisi hilal di seluruh penjuru dunia. Kemudian disimpulkan sore tadi posisi hilal berada dibawah ufuk, hilal terbenam dulu dibanding matahari, sehingga tidak ada satu pun bukti observasi astronomi hilal bisa dilihat," ungkap Lukman.

    Selain itu, sebelum dilakukan sidang itsbat pun terlebih dahulu mendengar laporan sejumlah pelaku rukyat yang ditugasi kementeria agama sebanyak 36 orang yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia dari barat hingga timur.

    "Hasilnya tidak ada satu pun pelaku hilal yang melihat hilal. Atas dasar itu, seluruh peserta sidang itsbat menyepakati hilal tidak bisa dilihat, tidak tampak, sehingga bulan syaban saat ini disempurnakan 30 hari, Dengan demikian 1 Ramadhan akan jatuh esok lusa Kamis 18 Juni 2015. Itu hasil sidang itsbat," kata Lukman. (tn)

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pemerintah Putuskan Ramadhan Jatuh Pada Kamis 18 Juni 2015 Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top