728x90 AdSpace

  • Latest News

    Friday, June 26, 2015

    Makanan Wajib Dimakan Ibu Hamil Saat Sahur

    Puasa

    Ditinjau dari sisi medis, ibu hamil tetap boleh berpuasa sepanjang tidak mengalami masalah dalam kehamilannya. Seperti diungkapkan oleh Frizar Irmansyah, dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, “Berpuasa tetap boleh dilakukan selama kehamilan tidak bermasalah.”
    Lihat juga:Syarat Ibu Hamil yang Boleh Berpuasa

    Meski demikian, Frizar tetap menyarankan agar ibu hamil mengonsultasikan kandungannya lebih dahulu. “Sebelum memutuskan berpuasa, ada baiknya ibu hamil berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli kesehatan untuk memastikan kondisi kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya,” lanjut Frizar.

    Untuk itu, diperlukan kiat khusus agar selama menjalani ibadah puasa kandungan senantiasa sehat. Di antaranya adalah dengan mengatur asupan nutrisi ke tubuh. Apalagi di saat berpuasa, waktu makan normal pagi, siang, dan malam berubah menjadi saat berbuka puasa, sahur dan waktu di antaranya.

    Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil Saat Berbuka Puasa
    “Puasa sebetulnya bukan tidak makan, tetapi hanya memindahkan jam makan,” ungkap Frizar. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah asupan makanan ketika sahur.

    Makanan yang dikonsumsi pada saat sahur penting untuk diperhatikan. Asupan makanan pada saat sahur akan digunakan pada ketika ibu hamil berpuasa selama satu hari penuh, kurang lebih empat belas jam.

    Menurutnya Frizar, ketika sahur sebaiknya ibu hamil memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. “Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi,” katanya. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah makanan yang tahan lama dan tidak mudah merasa lapar, lanjutnya.

    Karbohidrat kompleks akan membantu ibu hamil yang berpuasa mendapatkan energi lebih lama. Sebab, nutrisi ini akan dicerna secara perlahan di dalam tubuh. “Makanan mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi tidak akan cepat habis di dalam metabolisme tubuh.”

    Berikutnya adalah makanan yang mengadung cairan. Menurut Frizar, hal terpenting lain yang harus dijaga adalah cairan di tubuh. “Untuk menjaga kebutuhan cairan di dalam tubuh, ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang mengandung cairan, misalnya sayuran.”

    “Saat berpuasa janin bukannya tidak mendapat asupan, tetapi tetap mendapat asupan nutrisi dari ibunya,” ucap Frizar melanjutkan. Oleh karena itu, ketika sahur, pastikan agar ibu hamil mengonsumsi makanan yang mengandung air, misalnya sayur sup.

    Jangan lupa juga untuk mengonsumsi minum air yang cukup, mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung banyak air.

    CNN Indonesia

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Makanan Wajib Dimakan Ibu Hamil Saat Sahur Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top