728x90 AdSpace

  • Latest News

    Saturday, May 30, 2015

    Studi Ilmiah Mengenai Lutein Terhadap Mata

    Diabetic Retinopatic, Khasiat Lutein Zeaxanthin, Super Lutein| www.naturallypluslutein.com
    Berdasarkan sebuah studi baru, Suplemen gizi yang mengandung lutein dan zeaxanthin, asam lipoat, dan asam lemak omega-3, efektif dalam mencegah perkembangan retinopati pada tikus yang menderita diabetes.

    Para peneliti di Institut Mata Kresge (Kresge Eye Institute) di kota Detroit (Kota di Negara Bagian Amerika-Michigan) meneliti efek dari karotenoid yang terkandung dalam suplemen terhadap stres oksidatif retina, inflamasi dan perkembangan retinopati diabetes. Penelitian dilakukan dengan cara diabetes diinduksi dan dipastikan pada semua tikus dalam penelitian ini. Kemudian beberapa tikus diberi diet yang mencakup suplemen gizi sementara yang lain diberi makanan yang sama tetapi tanpa suplemen. Setelah 11 bulan, retina tikus dievaluasi untuk memeriksa perubahan dalam pembuluh darah, kerusakan sel dan karakteristik perubahan perubahan retina lainnya dari retinopati diabetes (diabetic retinopathy).

    Pada tikus yang tidak menerima suplemen gizi, diabetes yang diinduksi merusak pembuluh darah retina tiga sampai empat kali lebih besar dibandingkan tikus-tikus yang diberi nutrisi tambahan.
    Para peneliti dalam studi tersebut menyimpulkan bahwa suplemen gizi yang digunakan dalam penelitian ini, mencegah retinopati diabetes dan mengawetkan fungsi normal retina. Mereka juga mengatakan bahwa, meskipun uji coba terhadap manusia diperlukan konfirmasi lebih lanjut, suplemen ini “bisa mewakili terapi alternatif yang terjangkau dan murah” untuk menghambat retinopati diabetes pada penderita diabetes.


    Beberapa studi telah menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin digunakan di kalangan pasien penderita AMD menyebabkan peningkatan pigmen makula dan meningkatkan ketajaman visual (Am J Ophthalmol 2012 Oktober;. E1 154 (4) :625-634.). Penelitian lain telah menunjukkan hubungan antara asupan makanan mengandung lutein dan zeaxanthin berkadar tinggi dengan penurunan risiko AMD (Invest Ophthalmol Vis Sci 27 November 2012;. 53 (12) :7855-61).

    Meskipun begitu, pemerintah AS belum menetapkan standar yang direkomendasikan untuk asupan harian lutein dan zeaxanthin, namun American Optometric Association (AOA) menunjukkan 10 mg lutein perhari dan 2 mg zeaxanthin perhari bermanfaat pada kesehatan mata didasarkan pada hasil penelitian ilmiah baru-baru ini.

    - Christopher Shanahan
    [ Manajer program global untuk Frost & Sullivan kelompok riset Pangan dan Pertanian. ]



    ***
    Contoh Produk Kesehatan Yang mengandung lutein dan zeaxanthin adalah Super Lutena dari Naturally Plus di Griya Lutena


    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Studi Ilmiah Mengenai Lutein Terhadap Mata Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top