728x90 AdSpace

  • Latest News

    Tuesday, May 12, 2015

    Mengapa Ibu Hamil Mengalami Varises?

    Ibu Hamil Rawan Varises

    Penyebab varises saat hamil adalah kehamilan itu sendiri. Sebab, ada perubahan pada fungsi dan alat tubuh, selain perubahan hormon.

    Biasanya varises kerap muncul pada wanita hamil di atas usia 40 tahun, telah melahirkan anak lebih dari 2, dan pada kehamilan kembar.

    Makin tinggi usia kehamilan, varises saat hamil makin bertambah banyak. Rahim yang makin besar akan makin menekan pembuluh darah balik yang terdapat di bagian bawah perut.

    Selain juga bagian kepala janin yang sudah turun ke rongga panggul mengakibatkan aliran peredaran darah di daerah itu tak lancar.

    Selain di betis, varises saat hamil pun bisa menyerang anus dan vagina atau jalan lahir. Varises di anus dikenal dengan istilah wasir/ambeien. Penyebabnya antara lain, kebiasaan BAB dengan cara duduk dan kurang mengonsumsi makanan berserat hingga menyebabkan sembelit.

    Tak ingin ini terjadi? Upayakan minum air jangan kurang dari 2 liter per hari. Jangan menunda keinginan BAB tapi usahakan untuk BAB secara teratur tiap hari. Ini bisa mencegah sembelit dan menjauhkan dari varises di sekitar anus.


    Sumber : Tribun

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Mengapa Ibu Hamil Mengalami Varises? Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top