728x90 AdSpace

  • Latest News

    Sunday, May 17, 2015

    Hanya Erdogan Yang Peduli Nasib Mursi Dihukum Mati

    Presiden Mursi
    Presiden Mursi
    Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengecam vonis mati terhadap presiden Mesir yang telah terguling, Mohamed Morsi. Erdogan menilai vonis dari pengadilan Mesir itu seperti keputusan zaman Mesir kuno.

    "Mesir balik lagi ke zaman Mesir kuno," kata Erdogan dalam suatu perkumpulan massa di Istanbul, Turki, Sabtu (16/5/2015) waktu setempat, sebagaimana dilansir AFP.

    Erdogan merujuk pada Firaun zaman kuno yang berkuasa sekitar dua milenium lampau. Kini, Morsi yang terpilih oleh rakyat Mesri malah divonis mati.

    "Presiden yang dipilih secara populer, dipilih 52 persen, sayangnya malah divonis mati," ujar Erdogan di tengah sorak-sorai protes massa di Istanbul itu.

    Dia menyebut, pihak Barat masih saja menutup mata terhadap aksi kudeta yang dilakukan Jenderal Sisi. Seperti diketahui, Morsi dijungkalkan oleh Jenderal Abdel Fattah Al Sisi yang sekarang menjadi Presiden Mesir setelah memenangkan pemilihan umum tahun lalu.

    "Saat Barat menghapus hukuman mati di negara-negara mereka, kini mereka hanya nampak sebagai penonton dalam eksekusi Mesir itu," tutur Erdogan.

    Turki sendiri merupakan negara Uni Eropa yang menghapuskan hukuman mati. Pemerintahan dengan akar Islamis di bawah Erdogan menjadi pendukung Morsi setelah kemenangannya pada Pemilu Mesir 2012. Turki beraksi keras terhadap kup yang dilakukan Sisi, aksi kudeta itu didukung Saudi Arabia.

    Morsi divonis mati oleh pengadilan terkait peranannya dalam huru-hara yang menyebabkan penjara jebol pada 2011. Huru-hara itu terjadi saat Mesir bergejolak dan mengakibatkan Presiden Hosni Mubarak terusir.

    Sumber : Detik

    • Visitor Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Hanya Erdogan Yang Peduli Nasib Mursi Dihukum Mati Rating: 5 Reviewed By: Apri
    Scroll to Top